Thursday, October 24, 2013

alimpaido


DESKRIPSI DAN ATURAN MAIN

NO.
NAMA PERMAINAN
ATURAN MAIN
1
JAJANGKUNGAN
 
/EGRANG
  • Pemain Pertama menaiki Jajangkungan (Egrang) di garis batas naik yang telah disediakan panitia (Tidak boleh melalui garis batas)
  • Pemain diperkenankan berjalan/berlari selama masih menaiki egrang (tidak diperkenankan berjalan/berlari tanpa menaiki egrang
  • Jika terjatuh dari egrang... maka pemain boleh menaikinya kembali (tidak boleh pindah tempat, tidak boleh maju/mundur)
  • Pemain dinyatakan sampai dan boleh turun dari egrang setelah melewati garis batas sampai.
  • Tangan Pemain Pertama kemudian menyentuh Tangan Pemain kedua untuk melanjutkan permainan selanjutnya. (seperti Estafet)


2
 
KELOM BATOK
  • Pemain Kedua menaiki Kelom Batok di garis batas naik yang telah disediakan panitia (Tidak boleh melalui garis batas)
  • Pemain diperkenankan berjalan/berlari selama masih menaiki kelom batok (tidak diperkenankan berjalan/berlari tanpa menaiki kelom batok
  • Jika terlepas dari kelom batok... maka pemain boleh memakainya kembali (tidak boleh pindah tempat, tidak boleh maju/mundur)
  • Pemain dinyatakan sampai dan boleh melepas kelom batok setelah melewati garis batas sampai.
  • Tangan Pemain kedua kemudian menyentuh Tangan Pemain ketiga untuk melanjutkan permainan selanjutnya. (seperti Estafet)

 
3
RORODAAN
  • Permainan rorodaan dimainkan oleh 2 (dua) orang peserta dengan cara pemain pertama menaiki rorodaan tersebut dan pemain kedua mendorongnya hingga garis finish.
  • Jika terjatuh maka boleh naik kembali di tempat dimana pemain terjatuh tanpa harus mengulang dari garis awal.
  • Setelah finish maka salahsatu pemain menyentuh rekannya di trek selanjutnya.









4
 
SORODOT GAPLOK
  • Pemain ketiga mulai di garis start dengan mengambil batu gaplok kemudian mengangkat satu kaki dan menaruh batu tersebut di punggung kaki (antara jari kaki dan pergelangan kaki)
  • Pemain boleh berjalan/berlari dengan menggunakan 1 (satu) kaki sementara kaki yang satunya lagi tetap mengangkat batu (tidak diperkenankan dibantu/dipegang tangan)
  • Jika batu gaplok terlepas dari kaki... maka pemain boleh menyimpannya kembali (tidak boleh pindah tempat, tidak boleh maju/mundur)
  • Setelah sampai batas garis tembak.. maka pemain berhenti dan kemudian mengayunkan batu hingga batu terlempar dan mengenai sasaran tembak hingga rubuh.
  • Jika batu tidak mengenai sasaran maka boleh diulang hingga sasaran rubuh.
  • Setelah sasaran rubuh maka pemain ketiga menyentuh pemain berikutnya.

5
 
PEREPET  JENGKOL









  • Lomba Perepet Jengkol dimainkan sekaligus oleh 3 (tiga) orang pemain dengan cara menyangkutkan satu kaki dengan satu kaki rekannya yang lain hingga saling mengunci.
  • Setelah kaki benar-benar terkunci maka ketiga pemain mulai berlari dengan satu kaki masing-masing tanpa melepaskan sangkutan kakinya mulai dari garis awal sampai garis akhir pada trek tersebut.
  • Jika jatuh atau kaki terlepas maka pemain bisa memulainya lagi ditempat jatuh/lepas (tidak harus mengulang dari garis awal)
  • Setelah ketiga pemain sampai pada garis finish maka sangkutan kaki boleh dilepas dan salah seorang berlari untuk menyentuh tangan temannya pada trek selanjutnya.
6
 
GATRIK



  • Permainan ini diawali dengan mengambil bambu pemukul kemudian mulai mengangkat potongan bambu kecil untuk di angkat dan dipukul.
  • Setelah potongan bambu kecil tadi terjatuh di tanah, maka pemain akan memukulnya kembali tanpa mengangkatnya lagi (dipukul ditanah)
  • Pemukulan potongan bambu terus dilakukan hingga potongan bambu tersebut sampai di garis finish
  • Setelah potongan bambu sampai di garis finish maka pemain tersebut menyentuh tangan rekannya pada trek selanjutnya.
7
 
SONDAH
  • Permainan ini dimulai dengan menginjakan kaki di lantai pertama hingga lantai akhir
  • Jika pijakan lantainya 1 (satu) kotak maka pemain tersebut menginjakan kakinya dengan 1 (satu) kaki dan jika lantainya 2 (dua) buah, maka pemain menginjakan 2 (dua) kakinya sekaligus dan seterusnya hingga mencapai kotak akhir.
  • Setelah selesai di lantai akhir seperti biasa pemain melanjutkanya dengan cara menyentuh rekannya di trek selanjutnya.


 
8
PANGGAL
  • Permainan ini diawali di garis awal dengan mengambil gasing kemudian melilitkan tali pada gasing dan selanjutnya menarik tali tersebut hingga gasing terjatuh diatas sebuah nampan/baki/trey dan berputar (harus berputar). Jika belum berputar boleh diulangi hingga berputar
  • Setelah berputar diatas baki maka pemain tersebut mengangkat bakinya dan dibawa berlari ke garis finish.
  • Jika gasing terjatuh atau berhenti berputar, maka pemutaran kembali diulang ditempat dimana gasing tersebut jatuh/berhenti berputar (dilanjutkan tanpa harus mengulangi dari garis awal/garis start)
  • Setelah mencapai garis finish maka pemain tersebut menyentuh pemain di trek selanjutnya.
 
9
BEBEDILAN
  • Pemain merayap di tanah mulai dari garis batas start hingga garis batas sasaran tembak
  • Pemain mengambil bebedilan kemudian mulai menembak sasaran dengan posisi kuda-kuda jongkok.
  • Pemain dinyatakan berhasil jika pelurunya mengenai sasaran hingga terjatuh
  • Jika tidak megenai sasaran... maka pemain boleh mengulangnya hingga kena sasaran.
  • Kemudian tangan pemain menyentuh tangan rekannya di arena 5 (Sumplit)
 
10
SUMPLIT







  • Pemain merayap dari garis batas start hingga sampai garis batas tembak kemudian berdiri (mengambil posisi menyumplit)
  • Pemain mulai menyumplit sasaran dengan posisi berdiri hingga peluru sumplit menancap di sasaran tembak
  • Jika sudah ada yang menancap pada sasaran, maka permaianan dihentikan.

KETERANGAN :
Pemain yang dapat menancapkan paser sumplit terlebih dahulu…. maka Pemain/Group/Team itu dinyatakan PEMENANG dan permainan dihentikan.

No comments:

Post a Comment