DESKRIPSI DAN ATURAN MAIN
NO.
|
NAMA PERMAINAN
|
ATURAN MAIN
|
1
|
JAJANGKUNGAN
|
- Pemain Pertama menaiki
Jajangkungan (Egrang) di garis batas naik yang telah disediakan panitia
(Tidak boleh melalui garis batas)
- Pemain diperkenankan
berjalan/berlari selama masih menaiki egrang (tidak diperkenankan
berjalan/berlari tanpa menaiki egrang
- Jika terjatuh dari egrang... maka
pemain boleh menaikinya kembali (tidak boleh pindah tempat, tidak boleh
maju/mundur)
- Pemain dinyatakan sampai dan boleh
turun dari egrang setelah melewati garis batas sampai.
- Tangan Pemain Pertama kemudian
menyentuh Tangan Pemain kedua untuk melanjutkan permainan selanjutnya.
(seperti Estafet)
|
2
|
|
- Pemain Kedua menaiki Kelom Batok di garis batas naik yang
telah disediakan panitia (Tidak boleh melalui garis batas)
- Pemain diperkenankan
berjalan/berlari selama masih menaiki kelom batok (tidak diperkenankan
berjalan/berlari tanpa menaiki kelom batok
- Jika terlepas dari kelom batok...
maka pemain boleh memakainya kembali (tidak boleh pindah tempat, tidak
boleh maju/mundur)
- Pemain dinyatakan sampai dan boleh
melepas kelom batok setelah melewati garis batas sampai.
- Tangan Pemain kedua kemudian
menyentuh Tangan Pemain ketiga untuk melanjutkan permainan selanjutnya.
(seperti Estafet)
|
|
RORODAAN
|
- Permainan rorodaan dimainkan oleh 2
(dua) orang peserta dengan cara pemain pertama menaiki rorodaan tersebut
dan pemain kedua mendorongnya hingga garis finish.
- Jika terjatuh maka boleh naik
kembali di tempat dimana pemain terjatuh tanpa harus mengulang dari
garis awal.
- Setelah finish maka salahsatu
pemain menyentuh rekannya di trek selanjutnya.
|
4
|
|
- Pemain ketiga mulai di garis start dengan mengambil batu
gaplok kemudian mengangkat satu kaki dan menaruh batu tersebut di
punggung kaki (antara jari kaki dan pergelangan kaki)
- Pemain boleh berjalan/berlari
dengan menggunakan 1 (satu) kaki sementara kaki yang satunya lagi tetap
mengangkat batu (tidak diperkenankan dibantu/dipegang tangan)
- Jika batu gaplok terlepas dari
kaki... maka pemain boleh menyimpannya kembali (tidak boleh pindah
tempat, tidak boleh maju/mundur)
- Setelah sampai batas garis tembak..
maka pemain berhenti dan kemudian mengayunkan batu hingga batu terlempar
dan mengenai sasaran tembak hingga rubuh.
- Jika batu tidak mengenai sasaran
maka boleh diulang hingga sasaran rubuh.
- Setelah sasaran rubuh maka pemain
ketiga menyentuh pemain berikutnya.
|
5
|
|
- Lomba Perepet Jengkol dimainkan
sekaligus oleh 3 (tiga) orang pemain dengan cara menyangkutkan satu kaki
dengan satu kaki rekannya yang lain hingga saling mengunci.
- Setelah kaki benar-benar terkunci
maka ketiga pemain mulai berlari dengan satu kaki masing-masing tanpa
melepaskan sangkutan kakinya mulai dari garis awal sampai garis akhir
pada trek tersebut.
- Jika jatuh atau kaki terlepas maka
pemain bisa memulainya lagi ditempat jatuh/lepas (tidak harus mengulang
dari garis awal)
- Setelah ketiga pemain sampai pada
garis finish maka sangkutan kaki boleh dilepas dan salah seorang berlari
untuk menyentuh tangan temannya pada trek selanjutnya.
|
6
|
|
- Permainan ini diawali dengan
mengambil bambu pemukul kemudian mulai mengangkat potongan bambu kecil
untuk di angkat dan dipukul.
- Setelah potongan bambu kecil tadi
terjatuh di tanah, maka pemain akan memukulnya kembali tanpa
mengangkatnya lagi (dipukul ditanah)
- Pemukulan potongan bambu terus
dilakukan hingga potongan bambu tersebut sampai di garis finish
- Setelah potongan bambu sampai di
garis finish maka pemain tersebut menyentuh tangan rekannya pada trek
selanjutnya.
|
7
|
|
- Permainan ini dimulai dengan
menginjakan kaki di lantai pertama hingga lantai akhir
- Jika pijakan lantainya 1 (satu)
kotak maka pemain tersebut menginjakan kakinya dengan 1 (satu) kaki dan
jika lantainya 2 (dua) buah, maka pemain menginjakan 2 (dua) kakinya
sekaligus dan seterusnya hingga mencapai kotak akhir.
- Setelah selesai di lantai akhir
seperti biasa pemain melanjutkanya dengan cara menyentuh rekannya di
trek selanjutnya.
|
|
PANGGAL
|
- Permainan ini diawali di garis awal
dengan mengambil gasing kemudian melilitkan tali pada gasing dan
selanjutnya menarik tali tersebut hingga gasing terjatuh diatas sebuah
nampan/baki/trey dan berputar (harus berputar). Jika belum berputar
boleh diulangi hingga berputar
- Setelah berputar diatas baki maka pemain
tersebut mengangkat bakinya dan dibawa berlari ke garis finish.
- Jika gasing terjatuh atau berhenti
berputar, maka pemutaran kembali diulang ditempat dimana gasing tersebut
jatuh/berhenti berputar (dilanjutkan tanpa harus mengulangi dari garis
awal/garis start)
- Setelah mencapai garis finish maka
pemain tersebut menyentuh pemain di trek selanjutnya.
|
|
BEBEDILAN
|
- Pemain merayap di tanah mulai dari garis batas start hingga
garis batas sasaran tembak
- Pemain mengambil bebedilan kemudian
mulai menembak sasaran dengan posisi kuda-kuda jongkok.
- Pemain dinyatakan berhasil jika
pelurunya mengenai sasaran hingga terjatuh
- Jika tidak megenai sasaran... maka
pemain boleh mengulangnya hingga kena sasaran.
- Kemudian tangan pemain menyentuh
tangan rekannya di arena 5 (Sumplit)
|
|
SUMPLIT
|
- Pemain merayap dari garis batas start hingga sampai garis
batas tembak kemudian berdiri (mengambil posisi menyumplit)
- Pemain mulai menyumplit sasaran
dengan posisi berdiri hingga peluru sumplit menancap di sasaran tembak
- Jika sudah ada yang menancap pada
sasaran, maka permaianan dihentikan.
|
KETERANGAN :
Pemain yang dapat menancapkan paser sumplit terlebih dahulu…. maka
Pemain/Group/Team itu dinyatakan PEMENANG dan permainan dihentikan.
|
No comments:
Post a Comment